Racun Pemicu Kanker Ditemukan di 2 Produk Susu China

Shanghai, Susu terkontaminasi bakteri sudah sering terjadi, dalam setahun terakhir banyak ditemukan di beberapa negara. Namun yang terjadi baru-baru ini, bukan lagi bakteri yang mencemari 2 produk susu di China melainkan racun penyebab kanker.

Badan pengawasan makanan di China baru-baru ini melakukan pemeriksaan terhadap 200 produk susu dan turunannya, yang diambil secara acak di 21 provinsi. Hasilnya menunjukkan, 2 produk termasuk buatan Mengniu Group yang cukup populer di China positif mengandung aflatoxin.

Standar yang berlaku mengatakan, cemaran aflatoxin yang diperbolehkan adalah 0,5 mcg dalam 1 kg kemasan susu. Namun dalam pemeriksaan tersebut, sampel susu Mengniu kedapatan memiliki kandungan aflatoxin di atas standar yakni mencapai 1,2 mcg/kg.

Tidak semua produk susu Mengnui mengandung racun tersebut, tapi hanya susu murni kemasan 250 ml dari batch yang diproduksi tanggal 18 Desember 2011. Produsen susu tersebut juga mengatakan, batch tersebut sudah ditarik dari pasaran dan sudah dimusnahkan.

Aflatoxin merupakan racun yang dikategorikan sebagai karsinogenik atau pemicu kanker. Organisasi kesehatan dunia (WHO) bahkan menggolongkannya sebagai karsinogen kelas 1, yang artinya sangat mematikan dibanding golongan karsinogen dari kelas yang lain.

"Eksperimen pada hewan menunjukkan efek karsinogenik yang kuat, jika ditemukan dalam makanan maka bisa memicu tumbuhnya kanker hati," kata Prof Fan Zhihong, seorang ahli nutrisi dari China Agricultural University seperti dikutip dari Chinadaily, Rabu (28/12/2011).

Prof Fan menambahkan, aflatoxin bisa terakumulasi atau menumpuk di dalam tubuh dan tidak rusak oleh pemanasan. Suhu 300 derajat celcius yang digunakan dalam pasteurisasi (metode sterilisasi susu murni) bahkan tidak cukup untuk merusak senyawa itu seluruhnya.

Juru bicara Mengnui Group, Lu Jianjun telah menyampaikan permintaan maaf di media setempat terkait kasus tersebut. Ia juga menjamin, produk dari batch lain sudah diperiksa dan hasilnya semua produk susu yang masih ada di pasaran sudah memenuhi standar.

"Sekaran semua produk Mengniu di pasaran sudah aman dikonsumsi," kata Lu tanpa menjelaskan lebih lanjut penyebab terjadinya kontaminasi aflatoxin yang terjadi dalam kasus tersebut.

Kontaminasi senyawa karsinogenik dalam susu bukan kali ini saja ditemukan, awal tahun 2009 kasus serupa juga pernah terjadi di China. Tak lama sesudahnya, kontaminasi bahan kimia industri yang juga memicu kanker yakni melamin juga ditemukan dalam beberapa susu buatan China.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Racun Pemicu Kanker Ditemukan di 2 Produk Susu China"

Post a Comment

silahkan tinggalkan komentar.......